Minggu, 08 Maret 2015

HUBUNGAN ILMU BUDAYA DASAR DENGAN SISTEM INFORMASI

Pengertian Ilmu Budaya Dasar

            Ilmu Budaya Dasar adalah pengetahuan yang diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang kosep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan.

Tujuan Ilmu Budaya Dasar

            Diharapkan dapat memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah manusia dan kebudayaan. Ilmu Budaya Dasar semata-mata sebagai salah satu usaha mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran serta kemampuan kritikalnya terhadap nilai-nilai budaya, baik yang menyangkut orang lain dan alam sekitarnya, maupun yang menyangkut dirinya sendiri.
            Untuk bisa menjangkau tujuan tersebut Ilmu Budaya Dasar Diharapkan dapat :
1)    Mengusahakan penajaman kepekaan mahasiswa terhadap lingkungan budaya.
2)    Memberi kesempatan pada mahasiwa untuk memperluas pandangan mereka tentang masalah kemanusiaan dan budaya serta mengembangkan daya kritis mereka terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kedua hal tersebut.
3)    Mengusahakan wahana komunikasi para akademisi agar mereka lebih mampu berdialog satu sama lain. Para akademisi diharapkan akan lebih lancar dalam berkomunikasi.


Hubungan Ilmu Budaya Dasar dengan Sistem Informasi

Sistem Informasi dan Ilmu Budaya Dasar mempunyai keterkaitan yang erat karena keduannya saling melengkapi satu sama lain. Sebuah Sistem Informasi yang dapat memberikan informasi berupa berbagai pengetahuan, baik lisan maupun tulisan dan Ilmu Budaya Dasar yang mengajarkan konsep dasar kemanusiaan .

Kemudahan mengakses informasi saat ini baiknya dapat digunakan sesuai dengan kaidahnya, agar informasi yang telah di sajikan dapat menghasilkan sebuah manfaat . Informasi dan komunikasi yang baik akan menghasilkan sebuah sinkronisasi budaya yang baik. Yang terpenting adalah Ilmu Budaya Dasar memberikan kita sebuah pedoman dalam mengembangkan kepribadian dan wawasan pemikiran, terutama berkaitan dengan masalah kemanusiaan dan kebudayaan agar daya tanggap, persepsi, dan penalaran seseorang terhadap lingkungan dan ilmu pengetahuan serta teknologi semakin peka.

Sistem Informasi memberikan kemudahan melalui media internet tersebut, kemajuan ini akan menjadi sorotan utama saat ini. Kemajuan dibidang ini bisa mempengaruhi kebudayaan disetiap Negara dan menembus batas-batas budaya yang telah diterapkan dinegara masing-masing. Adanya hubungan timbal balik antara Sistem Informasi dengan Ilmu Budaya Dasar. Contohnya Ilmu Budaya Dasar mempelajari tentang budaya, Budaya tersebut dapat disebarluaskan dan diperkenalkan oleh teknologi terkini yang kita sebut dengan media internet.


Kesimpulan :

Terjadi hubungan yang sangat erat antara Sistem Informasi dengan Ilmu Budaya Dasar. Mereka yang professional dibidang informasi diharapkan juga mampu melihat mengenai masalah-masalah manusia dan budaya. Memperluas wawasan mereka dalam menyesuaikan dengan lingkungannya, peka terhadap lingkungan budaya serta kritis terhadap persoalan-persoalan yang menyangkut kemanusiaan dan budaya, dan dapat mengimplementasikannya di bidang Sistem Informasi.



Sumber :
http://edelweistyasayu.blogspot.com/2012/11/pengertian-ilmu-budaya-dasar-dan.html
http://simkusimmujuga.blogspot.com/2010/05/hubungan-sistem-informasi-dan-ilmu.html 

0 komentar:

Posting Komentar