Jumat, 06 November 2015

NERACA LAJUR #5

Neraca lajuradalah suatu kertas berkolom-kolom(berlajur-lajur) yang dirancang untuk menghimpun semua data akuntansi yang dibutuhkan pada saat perusahaan akan menyusun laporan-laporan keuangan dengan cara yang sistematis. Neraca lajur biasa disebut kertas kerja(work sheet)

Tujuan pembuatan neraca lajur:


  1. Untuk memudahkan penyusunan laporan keuangan
  2. Untuk menggolongkan dan meringkas informasi dari neraca saldo dan data penyesuaian sehingga merupakan persiapan sebelum disusun laporan keuanganyang formal.
  3. Untuk mempermudah menemukan kesalahan yang mungkin dilakukan dalam  membuat jurnal penyesuaian


Neraca lajur tersebut haruslah disusun berkolom-kolom dan untuk perusahaan dagang atau jasa biasanya terdiri dari 4 kolom yaitu :
• Kolom neraca saldo yang terdiri dari kolom D dan K
• Kolom adjustment yang terdiri dri kolom D dan K
• Kolom rugi laba yang terdiri dari kolom D dan K
• Kolom neraca akhir yang terdiri dari kolom D dan K

0 komentar:

Posting Komentar