Buat Project baru dengan cara Klik File -> New Project
Kemudian Pilih kategori Java, dan project Java Application lalu Klik Next
Setelah itu beri nama projectnya dengan nama yang kalian inginkan, disini gue menggunakan nama SimpelCalculator1 , lalu Uncheck Create Main Class. Karena kita nantinya akan menggunakan class JFrame sebagai main class, lalu Klik Finish
Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form lalu berinama Kalkulator
Kemudian Pilih kategori Java, dan project Java Application lalu Klik Next
Setelah itu beri nama projectnya dengan nama yang kalian inginkan, disini gue menggunakan nama SimpelCalculator1 , lalu Uncheck Create Main Class. Karena kita nantinya akan menggunakan class JFrame sebagai main class, lalu Klik Finish
Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form lalu berinama Kalkulator
Sekarang adalah saatnya mendesain tampilan kalkulatornya. Tinggal drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design Kalkulator.java, buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini :
Selanjutnya kita masuk ketahap pengkodingan, Klik tab Source dan masukan koding dibawa ini:
String angka; double jumlah,angka1,angka2; int pilih;
|
Tulis koding tersebut tepat dibawah koding ini :
public
class
TampilanKalkulator
extends
javax.swing.JFrame {
kemudian pada setiap button yang ada isikan koding berikut :
Untuk tombol angka 0 s/d 9
angka +=
"x"
;
display.setText(angka);
ganti huruf x dengan angka yang sama dengan yang tertera dibutton
Untuk tombol koma (,)
angka +=
"."
;
display.setText(angka);
Uuntuk tombol Clear (C)
display.setText(
""
);
angka1=
0.0
;
angka2=
0.0
;
jumlah=
0.0
;
angka=
""
;
Untuk tombol (+)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText(
"+"
);
angka=
""
;
pilih=
1
;
Untuk tombol (-)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText(
"-"
);
angka=
""
;
pilih=
2
;
Untuk Tombol (x)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText(
"*"
);
angka=
""
;
pilih=
3
;
Untuk Tombol (/)
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText(
"/"
);
angka=
""
;
pilih=
4
;
Untuk Tombol (=)
switch
(pilih){
case
1
:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 + angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break
;
case
2
:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 - angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break
;
case
3
:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 * angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break
;
case
4
:
angka2 = Double.parseDouble(angka);
jumlah = angka1 / angka2;
angka = Double.toString(jumlah);
display.setText(angka);
break
;
default
:
break
;
Setelah selesai dengan kodingan, Klik Run -> Run File untuk menjalankan programnya jika tidak ada kesalahan atau error makan outputnya akan seperti ini :