Senin, 02 Januari 2017

GAME & FILM YANG MENGGUNAKAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE

Pyromasters (Bomberman)


Kecerdasan Buatan pada Game Pyromasters (Bomberman)

Kelompok kami akan membahas game Pyromasters atau game sejenis Bomberman. Perlu diketahui game Bomberman termasuk salah satu game yang terkenal di era 90-an, kala itu game ini biasa dimainkan untuk konsol Nintendo. Seiring perkembangan zaman yang sudah maju, dan mulai bermunculan berbagai macam teknologi game yang sudah memiliki kualitas yang sangat bagus, baik itu dari sisi cerita, gameplay, maupun grafik, game jenis ini pun sudah mulai ditinggalkan oleh kebanyakan orang. 


Dari kesemua daftar game generasi pertama, game Bomberman pasti sudah sering kita dengar. Game ini sanggup menyaingi “ketenaran” yang dimiliki oleh game generasi awal yang sangat terkenal pada masa itu yaitu Mario Bros. Game Bomberman juga memiliki karakteristik kecerdasan buatan yang hebat di masanya, acuan yang dipakai untuk menilai segi kecerdasan buatan di game ini ada pada karakter musuh yang diperankan oleh komputer. Pergerakan yang lincah serta dapat menghindari bom yang dipasang di tempat tertentu dengan sangat luwesnya, membuat kita sebagai pemain game menjadi merasa tertantang untuk mengalahkan karakter komputer tersebut.


Pyromasters adalah game berbasis Flash yang menerapkan konsep bermain seperti game Bomberman, namun dengan gaya yang berbeda. Karakter yang dipakai pun hampir mirip dengan karakter Bomberman yang digunakan pada game generasi awal. Pola permainan serta aturan bermain pun sama, yang membedakannya hanya pada penggambaran grafik, pilihan mode permainan, dan dimana konsol yang dipakai. Jika dahulu game Bomberman hanya dapat dimainkan pada konsol Nintendo, game Pyromasters yang berbasis Flash dapat dimainkan di komputer yang terhubung ke internet, karena memang kebutuhannya dipakai untuk game online.

Game ini dibuat oleh developer game dari mofunzone.com, anda dapat memainkannya melalui alamat ini :

http://www.mofunzone.com/online_games/Pyromasterss.shtml


Pemanfatan Kecerdasan Buatan
Seperti yang telah diterangkan sebelumnya, bahwa acuan kami untuk menilai pemanfaatan kecerdasan buatan pada game ini terletak pada pemain yang diperankan oleh komputer. Sesuai dengan level yang terbagi pada pengaturan Comp AI , yaitu easy, medium, dan hard, maka setiap kecerdasan buatan yang ditanamkan pada setiap level tersebut akan berbeda-beda cara penanganannya. Semakin tinggi level dari Comp AI (paling rendah level easy, dan paling tinggi level hard) maka semakin tinggi pula cara pemahaman, dan penalaran komputer untuk melakukan strategi perang pada game.

Hal ini dapat kita nilai dari kepintaran pergerakan dari komputer di setiap levelnya, di level easy komputer akan kurang berhati-hati dalam menerapkan strategi perang, baik itu dari sisi pemahaman meletakkan bom di tempat yang tepat, sampai pergerakan yang sebenarnya tidak perlu sehingga bisa mengakibatkan komputer terbunuh oleh bomnya sendiri.

Lain halnya jika komputer memiliki tingkat kecerdasan buatan lebih tinggi, semakin tinggi levelnya maka komputer akan menerapkan strategi perang yang dirasanya sempurna untuk mengalahkan lawan, dan juga melakukan pergerakan-pergerakan yang dapat menguntungkan dirinya, namun merugikan lawannya.

berikut video dari game Pyromasters:

Source :
http://www.mofunzone.com/
http://www.mofunzone.com/online_games/pyromasters.shtml
http://en.wikipedia.org/wiki/Bomberman_%28series%29
http://blog.uin-malang.ac.id/muvid8/2010/10/08/tugas-2-ai-teknik-pencarian 

Source Image :
http://ui11.gamespot.com/1290/bomberman1b_2.png
http://static.letsbuyit.com/filer/images/uk/products/original/101/17/bomberman-land-touch-2-ds-10117912.jpega





Analisa Sains Fiksion Film




ARTIFICIAL INTELLIGENT OF J.A.R.V.I.S

J.A.R.V.I.S. (Just A Rather Very Intelligent System) adalah komputerasi yang sangat maju di kembangkan oleh Tony Stark, dibuat untuk membantu mengelola segala kebutuhan Tony Stark terutama yang berkaitan dengan teknologi.
J.A.R.V.I.S. merupakan membran inti, dimana semua data dan sistem operasinya, dia dapat menggunakan teknologi di sekelilingnya asalkan dia terhubung dengannya, biasanya dia sering muncul di Hologram, Komputer dan Kostum Iron Man.

Untuk interface nya sendiri berwarna Biru, ketika dia berbicara dengan Tony Stark akan muncul gelombang Pop Up biru mengikuti apa yang ia katakan di sekitar membran intinya.

Walau pun J.A.R.V.I.S tidak seperti manusia tetapi ia memiliki akses tak terbatas ke sejumlah sumber daya, perangkat dan program yang dia gunakan untuk mengontrol dirinya sendiri dan membantu apa pun yang Tony Stark butuhkan.
J.A.R.V.I.S terhubung  ke jaringan informasi secara global terutama menggunakan Hologram sebagai interface saat berkomunikasi dengan Tony Stark dan memberinya akses apapun yang ia butuhkan.

beberapa kutipan (Quotes) yang dilakukan pada J.A.R.V.I.S ke Tony Stark

"Will do, sir." (Iron Man) J.A.R.V.I.S. ke Tony pada saat tes Mark II.
"Congratulations! You have created a new element." (Iron Man 2) JARVIS ke Tony setelah membuat core baru pada Arc Reactor.
"You are not authorized to access this area." (Iron Man) J.A.R.V.I.S. ke Christine Everhart, pada saat menolak akses ke kamar Tony's.
"Oh hello, sir!" (Iron Man 3) J.A.R.V.I.S. ke Tony, setelah memakai Mark Armor 42 sekali lagi. 
"Mark 42 inbound!" (Iron Man 3) J.A.R.V.I.S. memberi tahu ke Tony tentang Mark 42

Trailer Film Iron Man (2009)




0 komentar:

Posting Komentar